Rabu, 22 Februari 2017

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Pendidikan Luar Sekolah



Apa itu Pendidikan Luar Sekolah?
Dalam dunia pendidikan terdapat tiga jalur pendidikan yang  tak bisa terpisahkan yakni pendidikan formal, nonformal dan informal. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah segala macam pendidikan yang ada di luar system seklah formal. Pendidikan Luar Sekolah mencakup dua hal yakni pendidikan nonformal dan pendidikan informal.

Apa itu Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Sekolah?
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) belum banyak di buka di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Jurusan ini biasanya ada di perguruan tinggi yang memiliki basic bidang pendidikan . Pendidikan Luar Sekolah di beberapa universitas sudah berganti nama menjadi pendidikan nonformal. Walaupun berbeda nama namun substansinya tetap sama. Jika kamu memilih jurusan ini, akan lebih baik jika kamu memilih program IPS saat SMA , tapi hal ini tidak dapat dipungkiri jika siswa SMA dari bidang IPA juga bisa masuk dalam jurusan ini. Porsi ilmu dasar yang paling banyak dikaji adalah seputar manajemen pendidikan nonformal-informal, paedagogi, andragogi, dan ilmu komunikasi.

Jurusan ini Diperuntukkkan Bagi Siapa?
Siapapun bisa masuk ke dalam jurusan ini. Yang penting memiliki passion dalam bidang pendidikan. Bagi mereka yang menyukai tantangan, jurusan ini cocok sekali untuk diambil. Dalam jurusan ini kita akan bertemu dengan karakter peserta didik yang beragam mulai dari anakanak hingga orang dewasa. Sehingga kita dituntut untuk bisa memahami gaya belajar dan metode pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya. Pada kenyataannya, jurusan ini bukan dicetak hanya untuk bekerja sebagai PNS. Dengan kata lain jurusan ini tidak cocok bagi mereka yang berambisi menjadi seorang PNS. Jurusan PLS memiliki ladang yang cukup luas dalam sector swasta.

Apakah Jurusan ini Tepat Bagi Saya?
Nah, sebelum mejawab tepat atau tidaknya jurusan ini buat kamu. Alangkah lebih baik jika kamu merenungkan kembali pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Apakah saya benar-benar memiliki panggilan hati menjadi seorang pendidik?
2. Apakah saya cukup mementingkan kualitas pendidikan selama ini?
3. Apakah selama ini saya memiliki keinginan kuat untuk mengabdi  dan memperjuangkan hak-hak rakyat dalam pendidikan?
4. Apakah saya menyukai pelajaran sosiologi?


 Jika jawabanmu doinan Ya, maka kamu boleh mendalami ilmu pendidikan luar sekolah. Namun harus diingat jika kamu belajar dalam jurusan ini harus belajar dengan sungguh-sungguh  dan haus pengalaman . Rajin mencari pengalaman di luar karena sekedar teori di kelas saja tidak cukup. Dengan mengikuti organisasi atau bergabung dengan instansi pendidikan nonformal akan membuatmu tidak hanya jago dalam teori tapi juga praktek realisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar