Rabu, 28 Desember 2016

Mengemas Paket Wisata Ala Timur Tengah di Negeri Sendiri





 “Timur tengah” begitulah julukan negeri padang pasir ini. Timur tengah merupakan sebuah wilayah yang secara politis dan budaya merupakan bagian dari benua Asia, atau Afrika-Eurasia Perpaduan 2 unsur budaya yaitu Asia dan Afrika yang sangat unik dan menarik. Tidak heran jika di tempat ini lahir budaya dan peninggalan kuno yang mampu melirik perhatian wisatawan asing. Ada hal-hal menarik yang akan penulis bahas dalam esai ini seputar khasanah budaya timur tengah diantaranya yaitu tentang peninggalan dan tempat-tempat wisata menarik di Timur tengah, keindahan arsitektur timur tengah, fashion ala timur tengah hingga kuliner khas timur tengah.Jika kita lihat betapa eksotisnya tempat-tempat wisata di Timur Tengah, kita akan terbuai dengan pesonanya yang begitu menawan seperti gunung Sinai, laut Merah, sungai Nil Piramid, Sphinx dan yang tak kalah dahsyatnya adalah keberadaan salah satu keajaiban dunia yang menjadi kiblat umat muslin di seluruh penjuru dunia yaitu Ka’bah di kota Mekkah.

Dari berbagai macam tempat wisata Timur Tengah yang telah disebutkan penulis diatas ada beberapa hal yang unik di samping keelokan pemandangan alamnya yaitu ciri khas arsitekturnya. Konon pada zaman dahulu banyak para arsitek, seniman,  scientist, ahli kesehatan, ahli matematika, dan penemu-penemu hebat lainnya yang berasal dari arab. Namun karena adanya problematika masa lampau sehingga nama-nama mereka jarang kita temui bahkan banyak yang tidak kita kenal. Padahal dahulunya Timur tengah menjadi pusat ilmu pengetahuan. Seiring berjalannya waktu muncullah nama-nama scientist dari barat hingga akhirnya negara barat menjadi kiblat seluruh dunia. Namun tidak dapat di pungkiri jika penemuan dan hasil karya cipta orang-orang arab masih dapat kita temui dimana-mana. 

Warisan budaya timur tengah mudah sekali tersebar dan dikenal dunia karena sesuai dengan sejarahnya banyak sekali penduduk timur tengah yang berhijrah di berbagai sudut bumi ini. Mayoritas dari mereka adalah para pedagang. Selain berdagang mereka juga menyebarkan agama islam ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Para pedagang juga mendekati para raja sehingga di Indonesia bermunculanlah kerajaan-kerajaan islam seperti samudra pasai, kerajaan aceh, kerajaan banten, demak, dll yang pada akhirnya mewariskan berbagai peninggalan bangunan-bangunan bercorak timur tengah.  Di Indonesia pun juga banyak penduduk keturunan arab sehingga sering kita dengar adanya “kampung arab”. Arsitektur khas timur tengah bisa di lihat dari atapnya yang berbentuk kubah dan lancip di tengahnya, terdapat menara-menara, tulisan arab, dll. Contoh-contoh bangunan yang bercorak timur tengah di Indonesia adalah seperti Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh yang bentuk kepala semua kubah sama, yakni bulat berujung lancip, khas paduan arsitektur Timur Tengah dan Asia. Masjid Istiqlal yang pada bagian dalam kubah masjid yang berhiaskan kaligrafi merupakan hasil adopsi arsitektur Timur Tengah. Masjid Agung Al-Barkah Bekasi, masjid dirancang lebih modern, namun tetap mencirikan arsitektur timur tengah. Masjid Cheng Ho Surabaya yang selebihnya hasil perpaduan arsitektur Timur Tengah,Jawa dan Tionghoa. The Pade Hotel Aceh Besar yang terletak di kota Banda Aceh dengan dekorasi hotel yang mengambil inspirasi dari arsitektur modern Timur Tengah berikut pohon-pohon palemnya yang menghiasi taman hotel seperti suasana taman di Timur Tengah. Dan masih banyak lagi bangunan khas timur tengah lainnya yang perlu di jaga agar tidak  terkikis zaman. 

Tidak hanya arsitekturnya yang menarik, makanannya pun juga banyak yang di produksi di Indonesia karena pencinta kuliner arab di Indonesia juga cukup banyak contohnya seperti kebab turki, roti maryam, gule kacang ijo, gule kambing, kambing oven-bakar, nasi briani, nasi tomat, dan tentu saja nasi kebuli. Itu semua adalah makanan-makanan khas timur tengah yang sarat akan cita rasa dan rempah-rempah timur tengah.  Selain makanannya yang lezat, di pasaran juga sering kita jumpai fashion style timur tengah salah satunya yaitu baju kurung khas timur tengah. Ciri khas baju kurung adalah rancangan yang longgar pada lubang lengan, perut, dan dada. Pada saat dikenakan, bagian paling bawah baju kurung sejajar dengan pangkal paha, tetapi untuk kasus yang jarang ada pula yang memanjang hingga sejajar dengan lutut. Baju kurung tidak dipasangi kancing, melainkan hampir serupa dengan t-shirt. Baju kurung tidak pula berkerah, tiap ujungnya direnda. Beberapa bagiannya sering dihiasi sulaman berwarna keemasan. Baju kurung yang saat ini sedang trand di Indonesia yaitu berupa jubah panjang dengan motif perpaduan. Pakaian ini sangat di gandrungi, khususnya para muslimah karena baju ini selain unik juga cukup menutup aurat.

Maka dari itu jika kita ingin jalan-jalan ke luar negri namun tidak memiliki uang banyak untuk pergi kesana, cukuplah bagi warga Indonesia dengan berjalan-jalan di negri sendiri. Karena banyak sekali budaya Timur Tengah yang bisa kita temui di Indonesia. Jika hal ini di garap serius oleh pemerintah dan wirausahawan bidang pariwisata, maka warisan budaya Timur tengah ini akan tetap terpelihara bahkan bisa dijadikan paket wisata religi menarik yang mengajak wisatawan berkeliling melihat eksotisme warisan budaya Timur Tengah di negri sendiri. Dengan paket wisata ala timur tengah ini, wisatawan akan di giring ke tempat-tempat Timur Tengah ala Indonesia seperti ke masjid-masjid bergaya Timur Tengah, ke makam bersejarah islam, pasar Arab yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Timur tengah seperti baju, kurma, susu onta,pernak-pernik hingga sovenir, lalu dilanjutkan menuju kampung Arab yang mayoritas warganya keturynan arab asli, keraton-keraton bersejarah Islam, restauran Timur Tengah hingga beristirahat di hotel bernuansa Timur Tengah. Untuk menikmati paket wisata ini tidak harus mahal bukan??? Cukup berjalan-jalan di negeri sendiri maka kita akan terhipnotis olehnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar