Jumat, 03 Maret 2017

WriterPreneur



 Apakah kamu suka menulis puisi? Dari puisi kira-kira bisa gak menghasilkan uang? Siapa bilang nulis puisi, cerpen gak bisa jadi uang? Banyak penulis yang menjadikan aktivitas menulis sebagai hobi yang tak sekedar hobi. Melainkan hobi yang yang bisa mendatangkan rezeki. Bagaimana caranya? Nah, kali ini saya akan memberikan tips dan trik yang saya dapat dari Suhu Shinta Yudisia dan Om Dukut Imam Widodo

1. Carilah Poin untuk Koin
Dalam menulis, pilihlah poin-poin ide penulisan yang menarik untuk dikembangkan. Masalah jenis tulisan, sesuaikan saja dengan kemampuan dan passion kamu. Jika kamu merasa cocok menulis cerpen maka kembangkan itu lebih mendalam agar cerpen-cerpenmu dikenal oleh masyarakat.

  2. Percayalah Bahwa Hasil Tak akan Mengingkari Proses
Saat berkali-kali kamu mengirim karya tulisan ke media masa atau penerbit selalu ditolak, jangan pernah putus asa. Semuanya butuh proses dalam menemukan jodoh tulisannya. Pelajari jenis dan karakter tulisan dari media massa maupun penertbit yang dituju.  

3. Iringi Doa dan Kebaikan-Kebaikan
Usaha tanpa berdoa adalah sesuatu yang sombong. Maka dari itu selain berusaha, berdoa dan lakukan kebaikan agar yang kita inginkan dimudahkan oleh Tuhan.

 4. Lakukan Handwriting
Handwriting adalah menulis dengan tangan. Tidak dapat dipungkiri jika ide-ide tulisan bisa datang kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu siap sedia buku notes dan bolpoin akan sangat membantu kita untuk menulis sementara segala sesuatu yang melintasi benak kita agar tidak lupa.

  5. Menulis Sebanyak yang Kita Bisa
Untuk membiasakan kita menulis, menulislah sebanyak mungkin. Pada awalnya tulisan kita memang sedikit kurang berbobot tapi dengan berjalannya waktu, dibarengi dengan banyak belajar, lama kelamaan tulisan kita akan menjadi lebih baik. Writing Therapy atau terapi menulis juga dapat mengaktifkan Synap otak. Hal ini dikarenakan bahwa menulis tentunya menggunakan otak untuk berpikir mengembangkan ide-ide tulisan sehingga otak akan selalu aktif.

  6. Imajinasi Liar
Ide-ide liar dan gila biasanya akan sangat diminati oleh pembaca. Tak sedikit pula media massa dan penerbit yang tak segan-segan menerima karya kita. Banyak membaca termasuk kegiatan yang akan membuat kita semakin kritis dan liar dalam mengembangkan ide-ide menulis.   Yaps, that’s right. Semoga tips ini bermanfaat ya gaes.

1 komentar:

  1. Sepertinya soal 'proses' dan pola pikir soal media massa dari dua suhu di atas untuk writerpreneur harus ditambahi hehe...

    BalasHapus