Kamis, 23 Februari 2017

Pendidikan Luar Sekolah Dibutuhkan di Indonesia?



 Ya, benar sekali. Pendidikan Luar Sekolah SANGAT dibutuhkan di Indonesia. Jika kamu tahu sesungguhnya PLS sebagai pendidikan alternative saat ini menjadi pilihan masyarakat. Masyarakat memilih pendidikan luar sekolah yang mencakup pendidikan nonformal dan informal mengingat pendidikan formal tidak dapat seratus persen mengakomodir setiap kebutuhan peserta didiknya. Penyusunan kurikulum yang bersifat topdown membuat pembelajaran yang dilakukan tak dapat menjangkau secara spesifik kebutuhan peserta didik. Berbeda dengan penyusunan kurikulum pendidikan nonformal yang bersifat buttom up artinya segala macam sesuatu dipertimbangkank atas kebutuhan peserta didik.

Selain itu kondisi pendidikan formal di Indonesia yang belum sepenuhnya merata menjadikan pendidikan nonformal sebagai salah satu solusi untuk memberantas kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan.

 Jumlah angka buta aksara dan putus sekolah masih saja menjadi sorotan dalam dunia pendidikan. melihat kondisi seperti ini Indonesia masih butuh tenaga untuk mengentaskan buta aksara dan menekan angka putus sekolah. Dengan adanya pendidikan nonformal semuanya akan teratasi. Oleh karena itu tidak mungkin jika pendidikan luar sekolah tidak dibutuhkan saat ini di Indonesia.  


Apa yang Harus Diketahui di PLS?

 - Di jurusan ini kamu harus menyukai  dalam hal pengembangan pendidikan yang lebih kreatif

 - Di jurusan ini kamu juga harus mengerti dan menyukai  ilmu dasar pelajaran IPS

- Di jurusan ini,kamu akan selalu terlibat dalam pekerjaan dan project yang membuthkan kerjasama tim yang baik

 - Di jurusan ini, selain mempelajari bagaimana menjadi pengelola pendidikan nonformal juga diharapkan dapat berinovas dan memecahkan solusi dari permasalahan carut marutnya dunia pendidikan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar